Wednesday, June 1, 2016

Onshape.com - aplikasi 3D parametrik CAD berbasis awan

Aplikasi dan komputasi berbasis awan sebenarnya bukanlah hal yang baru.
Mungkin kita tidak menyadarinya, buat kebanyakan kita, ini dimulai dari email sejak sekitar 15 tahun yang lalu saat kita berpindah menggunakan email berbasis web dari yahoo atau gmail.

Sejak saat itu, sedikit mulai sedikit, kita semakin terbiasa menggunakannya. Seiring berjalannya waktu, beberapa file-file kita mulai berpindah ke aplikasi beberbasis awan seperti Dropbox, Box atau Google Drive. Belum lagi ribuan foto, data pribadi, video dll, praktis hari ini sudah tinggal di awan :)

Kemanakah arah berikutnya?

Salah satu yang saya lihat akan berpindah adalah aplikasi desain dan engineering. Adobe mulai menggabungkan Creative Suit dengan Adobe Cloud Services, Autodesk memulainya dengan Autodesk Fusion 360. Kesemuanya tidak hanya memungkinkan kita mendapatkan produk dengan nilai lebih tapi dalam banyak kasus, juga total harga kepemilikan yang lebih baik (total cost of ownership).

Ok, kita akan bicara soal ini di lain waktu. Kali ini saya ingin bercerita tentang onshape.com

Aplikasi 3D parametrik CAD seperti Solidworks, PTC Creo, Catia UG NX dll di kalangan engineer dikenal sebagai aplikasi yang sangat powerfull untuk kebutuhan perancangan. Tetapi selain powerfull, aplikasi-aplikasi ini dikenal sangat mahal harganya.
Sebuah lisensi basic misa mulai dari harga 5000-7000 USD, dan untuk paket-paket yang lebih spesifik dan powerfull, harganya bisa mencapai 50.000-100.000 USD. Sungguh sebuah angka yang fantastik buat ukuran kita.

Yah, ok ... masih ada Glodok kata sebagian dari kita. Namun pada batas tertentu dan melihat peluanga bisnis yang lebih besar, solusi Glodok saya rasa tidak tepat dan "sustain" untuk jangka panjang.

Belum lagi komputer untuk menjalankannya. Umumnya aplikasi engineering mesyaratkan komputer sekelas "workstation" untuk dapat berjalan dengan baik. PC workstation sendiri cukup mahal harganya, kita bisa mendapatkannya mulai dari sekitar 1500 USD hingga ke angka 10.000 USD untuk model tertinggi.

Kembali lagi, yah, ok ... Bisa saja sih jalan di laptop biasa atau komputer rakitan. Namun kembali lagi, pada batas tertentu, kita akan dipaksa berpindah ke PC atau laptop kelas workstation untuk mendapatkan performa yang seharusnya.

Ok, kita kembali lagi ke onshape.com

Onshape.com sendiri bukanlah aplikasi 3D parametrik CAD pertama yang berbasis awan. Autodesk memiliki seri Fusion 360, Catia-pun memiliki platform 3D experience yang memungkinkan perusahaan memindahkan Catia ke awan (cloud).

Onshape.com dikembangkan oleh tim pengembang dan engineer yang merupakan pengembang awal dari Solidworks.

Dari segi feature, onshape.com menawarkan fitur-fitur yang umum terdapat di aplikasi 3D parametrik CAD tradisional.
Semua yang biasa kita kenal ada di dalamnya, feature tree, 2D sketch, multi body modelling seperti di Catia, hingga ke assembly dan drafting ada di dalamnya.
Secara logika kerja, ada sedikit perbedaan, seperti bagaimana onshape.com meng-handle multi body geometry, pengerjaan part dalam assembly dan proses assembly part, tapi saya pikir its ok. Seorang dengan pengalaman menggunakan aplikasi 3D parametrik CAD akan dengan cepat dan mudah beradaptasi.



Nah, ini yang menarik.

Untuk menjalankan onshape.com kita hanya membutuhkan PC atau laptop yang dapat menjalankan browser yang mendukung WebGL seperti Google Chrome, Mozilla Firefox atau Microsoft Edge (browser terbaru Microsoft bawaan Windows 10).

Yup, hanya itu yang dibutuhkan. Karena onshape.com berjalan langsung di browser, sebagian perhitungan matematis geometri dilakukan di awan pada server onshape.com. Tugas komputer kita hanya menampilkan saja, dan menerima input dari kita.

Ok, soal memory (RAM) yang besar tentu membantu, khususnya untuk model 3D yang kompleks. :)

Namun hilang sudah kebutuhkan PC atau laptop kelas workstation seperi 3D parametrik CAD tradisional.
Kini, bahkan dengan laptop Chromebook yang harganya mulai dari 200USD pun kita bisa menjalankan onshape.com dan mulai merancang.

Hal lain yang menarik adalah biaya.

Untuk pengguna personal, onshape.com bisa digunakan secara gratis. Anda hanya perlu mendaftar dan bisa langsung bekerja. Semua fitur bisa kita dapatkan dalam versi gratis ini, yang membedakan adalah kapasitas penyimpanan yang diberikan dalam server awan mereka.

Namun jika kita memutuskan membayar, menurut hemat saya, harganya pun cukup terjangkau. Dengan sekitar 100USD per bulan, anda mendapatkan 3D parametrik CAD berbasis web, full feature dengan kapasitas penyimpanan di awan tidak terbatas (setidaknya untuk saat ini :).



Masih mahal, nah, mari kita coba lihat.
Untuk sebuah lisensi Solidwork, kita membutuhkan biaya sekitar 12.000 USD. Dan jangan lupa, tahun depan, masih ditambah "maintenance fee" sekitar 2000-3500 USD yang biasanya dibayar tiap tahun. Total biaya, kasar-kasarnya sekitar 15.000 USD untuk tahun pertama.

Coba kita lihat dengan onshape.com
Lisensi untuk 1 user hanya 12x100USD/bulan atau 1200 USD per tahun. Sudah termasuk semua fitur, tempat penyimpanan yang secure di awan (saya akan cerita pada tulisan lain soal ini).

Bagaimana cukup menarik? :)

1 comment:

Soma Wiraga Saniscara said...

Kalo soal komparasi fiturnya gmn Di...? Sama1 powerful-kah..?