Friday, August 22, 2008

Lokasi Sholat Jum'at di tengah kota Sydney






















Salah satu yang menjadiperhatian gw ketika berencana untuk pergi ke Sydney adalah Sholat Jum'at.
Agak kawatir juga awalnya, kita sama sekali tidak tahu kondisi disana, dan saya pikir kemungkinannya kecil untuk bertemu sesama muslim di area pameran.

Tapi alhamdulilah, sesampainya disana, ternyata saya mendapatkan informasi tempat sholat Jum'at yang lokasinya tidak terlalu jauh. Bahkan Mr Osama, security museum yang berasal dari Libanon penawarkan untuk mengantar saya di mesjid dia biasa melakukan sholat Jum'at.

Lokasi sholat Jum'at terdekat dengan pusat kota dan dari lokasi saya di Harris St, ada di UTS, University Technology, Sydney. UTS sendiri ada di jalan ?. Lokasi ini sangat mudah dijangkau dari berbagai lokasi di Sydney karena lokasinya dekat dengan Central Station dan sebuah halte bus besar di ujung George St dimana hampir semua bus dengan nomor kepala 4 akan melewatinya.

Lokasi ini ada di gedung utama UTS yang beralamat di Broadway ST no 1. Jika bingung gunakan link google maps ini.


Untuk mencapai tempat sholat, kita masuk saja ke dalam gedung utama UTS melalui pintu depannya. Setelah masuk, terus saja berjalan menuruni tangga, habis itu langsung belok kanan. Jalan terus lagi hingga hampir mentok. Sebelum mentok, masuk saja ke koridor di sebelah kiri, lokasi sholat Jum'at ada di koridor itu, tepat di depan lab komputer.

Mungkin gw perlu informasikan juga. Disini sholat Jum'at biasa mulai sekitar jam 13.00 waktu setempat. Jadi kalau kebetulan datang terlalu cepat dan tidak mendapati seorang pun di dalam, santai saja. Biasanya jamaah baru muncul diatas jam 12.30.

Jemaah yang datang kebanyakan keturunan Timur tengah. Waktu itu gw hanya bertemu 3 orang yang berasal dari Indonesia dan 2 orang dari Malaysia. Ga tahu, mungkin orang Indonesia lebih suka sholat di tempat lain, who knows..

Akhirnya, mudah-mudahan postingan kali ini ada manfaatnya. Terutama buat saudara-saudara seiman yang tinggal atau kebetulan berkunjung ke Sydney.